Selasa, 19 Juli 2011

Kecerdasan,Motivasi untuk menyebarkan sikap positif didalam berorganisasi

Sikap positif seringkali disinonimkan dengan kebaikan , kebenaran, dan kejujuran. Dan, semua itu adalah benar. Sikap positif adalah kunci buat organisasi untuk bisa memasuki dunia yang penuh dengan rasa gembira, bahagia, nyaman, damai, tenang, senang, makmur, bangga, cinta, kasih sayang, keyakinan, berhasil, menang, aman, sehat, bersyukur, dan segalanya dalam kedamaian abadi. Organisasi itu sendiri seperti sebuah kapal yang sedang berlayar di tengah samudra keramaian, kapal yang membawa harapan, yang orang – orangnya bermimpi untuk makmur dan sejahtera.
Sebagai nakhoda kapal yang membawa harapan dan mimpi banyak orang, pemimpin haruslah cerdik dan cerdas dalam menakhodai kapal dalam bentuk organisasi yang efektif. Pemimpin memiliki tanggung jawab yang sangat besar atas keselamatan organisasi dan masa depan dari semua pengikutnya. Pemimpin harus yakin dan percaya bahwa ia tidak boleh lalai untuk menyebarkan sikap positif dalam organisasinya, sebab sikap positif yang tersebar secara sempurna dalam organisasi, akan mendatangkan prestasi dan kinerja yang membahagiakan semua anggotanya tanpa terkecuali, dan pemimpin juga harus bisa bertindak sebagai panutan dengan mempertunjukkan keteladanan yang terpancar melalui sikap positifnya tersebut.
Sikap positif akan menghidupkan semangat setiap orang untuk berpikir dan bertindak secara proaktif dalam segala aspek pekerjaan, dan sikap ini akan mengantar organisasi menuju sukses sepanjang perjalanannya. Pemimpin yang tidak begitu peduli pada sikap positif, yang juga tidak peduli kepada keberadaan orang lain dalam organisasi, akan terpencilkan oleh kegagalan, dan ia pada akhirnya akan merasakan penderitaan dalam kesendirian jiwa yang tanpa bahagia. Sikap positif tidak hanya akan membuat sebuah kepemimpin dihormati oleh banyak orang, tapi juga membuat jiwa sang pemimpin tidak kosong dan sunyi dalam kesepian panjang. Dalam dunia nyata ada dua sikap kehidupan, yaitu sikap positif yang mewakili segala sifat optimis, prasangka baik, dan percaya diri dari segala kebaikan hidup, dan sikap negatif yang mewakili segala sifat kecurigaan, ketidakpercayaan, kegagalan, dan keputusasahan dari segala keburukan hidup. Kedua sikap ini bukanlah takdir atau turun dari langit, dan secara terpaksa, tanpa pilihan harus Anda lakoni. Tetapi kedua sifat tersebut berasal dari diri kita sendiri, yang muncul akibat perilaku dan persepsi terhadap makna hidup. Bila Anda cerdas mengisi jiwa, pikiran, dan raga Anda dengan sifat positif, maka Anda pasti memaknai kehidupan ini dari sisi kebaikan, dan selanjutnya Anda juga akan mampu menjadi pemimpin unggul yang sukses menyebarkan sikap positif ke dalam setiap sudut organisasi, dan ke setiap jiwa, pikiran, dan raga, yang ada dalam organisasi Anda.
Pemimpin tidak boleh berdiam diri melihat organisasinya berjalan tanpa arah tujuan, dan pemimpin harus memiliki sikap yang bisa merangkul semua orang untuk menuju arah yang benar. Pemimpin harus bertindak dengan niat baik terhadap semua kepentingan melalui langkah – langkah yang harus dilakukan tanpa pilih kasih, jangan ada sikap negatif yang menutupi semua aspek kepemimpinan yang profesional. sikap negatif biasanya muncul dalam wujud saling curiga, tidak percaya, kecewa, kekurangan, kecurangan, kesendirian, kebingungan, amarah, stres, sakit hati, bertutur kata kasar, egois, cari menang sendiri, tidak peduli, dan masih ada banyak lagi sikap negatif yang bisa menghambat keberhasilan organisasi mencapai puncak suksesnya.
Pemimpin haruslah bisa menjadi contoh dari perilaku sikap positif tersebut, dan pemimpin harus bisa menghapus semua sikap negatif dari tubuh organisasi secara sempurna melalui pencerahan terhadap semua aspek kehidupan organisasi dengan sikap dan kultur positif, baik melalui tindakan yang berkredibilitas tinggi, maupun melalui cara berpikir yang benar dan jujur.
Setiap langkah kepemimpinan yang baik akan digerakan melalui nafas yang berisikan sikap positif. Sikap positif menjamin keseimbangan hidup dari semua aspek kepemimpinan yang harus Anda lakoni secara transparan, jujur, adil, bertanggungjawab, dan berarah ke tujuan yang benar. Sikap positif juga telah terbukti sebagai obat termujarab dalam mencapai ketenangan, kebahagian, kedamaian, dan kesehatan hidup dari seseorang. Bila Anda telah mampu mengisi semua isi pikiran dan isi raga Anda dengan sikap positif, maka Anda pasti akan menjadi seorang pribadi yang sehat, sabar, bersyukur, pantang menyerah, dan selalu mencari segala kebaikan hidup untuk tinggal secara abadi dalam jiwa, raga, dan pikiran terdalam Anda.
Sikap positif akan membuat Anda merasa berguna dengan segala yang telah Anda pelajari dalam perjalanan kehidupan Anda. Sikap positif juga tidak akan menjadikan Anda untuk hidup dalam kekosongan jiwa terdalam. Sikap positif akan selalu menghadirkan kejutan – kejutan yang bersifat menguntungkan dan membahagiakan Anda. Sebagai pemimpin sejati, tugas terberat Anda adalah memastikan bahwa semua orang dalam organisasi telah merasakan bahagia, nyaman, aman, sehat, makmur, dan bermasa depan yang lebih cerah. Semua itu hanya bisa terwujud bila Anda memiliki kemampuan yang andal dalam menyebarkan sikap positif dalam organisasi secara murni sebagai perilaku kultur kehidupan sehari-hari dari setiap orang, termasuk para pemimpinnya yang berada dalam semua level organisasi. Semangat kebersamaan & kasih didalam satu jaringan akan terwujud kualitas yang tinggi. Bagi anggota dituntun untuk berjalan sesuai dengan prosedure dalam organisasi, sikap positif dipelihara dan jika sikap negatif mulai mencekam maka anggota tidak berteriak seolah mengipas agar api semakin membara tetapi mengambil sikap bijak yang positif,duduk bersama dengan kepala dingin dan diisi dengan kasih didalam hati menyelesaikan segala permasalahan. Saling memaafkan adalah salah satu kunci sukses organisasi.
Sikap positif adalah bahasa kehidupan yang termulia untuk setiap orang dalam mencari kehidupan yang penuh berkah dan makna.

Penulis  : Soni Waruwu

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca postingan ini, mohon meninggalkan komentar dipostingan ini.