Senin, 23 April 2012

Antusias Anak Kal-Tim Dalam Pawai di Jogja

Yogyakarta - Dalam rangka Pahargyan Pengetan 1 Abad Sri Sultan Hamengku Buwono IX (1912-2012) dan Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-256, Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman beserta masyarakat Daerah Istimewah Yogyakarta telah mengadakan Kiran Budaya Mubeng Beteng (KBMB). Acara KBMB yang di gelar Minggu, 22 April 2012 Berkumpul di Alun - alun pukul 14.00 dan start pukul 15.00, dengan route perjalanan mulai start di Alun - alun utara menuju Kauman, Jl Wachid Hasyim, Jokteng kulon, Jokteng Wetan, Jl. Brigjend Katamso, Jl. Ibu Ruswo dan finish di Alun - alun utara. 

Peserta yang datang sekitar 73 kontingen dengan total 4 ribu orang dari seluruh wilayah di Daerah Istimewah Yogyakarta diikuti dari beberapa komunitas, budaya masyarakat, kebun binatang, asrama pelajar/mahasiswa, perguruan tinggi negeri dan swasta dan masih banyak lagi. 

Sebelum prosesi dimulai, anggota Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB) dipimpin KH Abdul Muhaimin memimpin doa bersama. Prosesi kirab dilepas langsung oleh wakil Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat, GBPH Prabukusumo dan wakil Kadipaten Puro Pakualaman, KPH Tkondrokusumo dengan pengibaran bendera Gula Kelapa warna merah putih. Sebagai pembuka rombongan yang berada di barisan terdepan adalah bregada abdi dalem Purolaya Kuthogede Yogyakarta.

Kami juga salah satu dari peserta pawai mewakili dari asrama - asrama pelajar dan mahasiswa Kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Timur ikut andil dalam meriahkan acara KBMB meliputi Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur “Mangkaliat”, Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur “kersik Luwai”, Asrama Putri Kalimantan Timur “Ruhui Rahayu” dan Sanggar Tari Enggang Melenggang “EM”. 

Teman - teman dari Kal-Tim menampilkan baju adat kebudayaan khas Kal-Tim yaitu Dayak dan Melayu, selain itu juga tarian - tarian serta musik daerah di pertunjukan seperti tarian kancet pepatay, tarian jepin untun belanai, tarian kinsak, musik jepin untun belanai dan kinsak. Selama proses pawai berlangsung tak kalah seru antusias warga memberi tepukan tangan, senyuman dan teriakan yang membuat kami begitu semangat disepanjang perjalanan, selain itu juga warga membagikan air mineral gratis sampai ada yang meminta berfoto - foto.

Antusias dari teman - teman Kal-Tim begitu besar selain sebagai Pelajar/Mahasiswa mereka juga sebagai duta pariwisata Kal-Tim, mereka beranggapan bahwa pentingnya melestarikan kebudayaan daerah agar menjadi suatu kebanggaan bersama dimana pun kita berada, selain itu juga nilai budaya tetap kita angkat sebagai mahkota tertinggi yang kita punya. Oleh : Oky Fawzi

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca postingan ini, mohon meninggalkan komentar dipostingan ini.