Jumat, 18 November 2011

Artikel Online ( Idealisme Kepemimpinan )

Idealisme adalah suatu perubahan. Perubahan yang terjadi karena tidak adanya kepuasan terhadap kondisi terkini, perubahan terjadi karena ada kesalahan atas suatu hal, perubahan dapat dilakukan apabila ada keberanian, dan keberanian untuk melakukan perubahan merupakan implementasi dari idealisme.
Idealisme pemimpin adalah seorang pemimpin bisa dikatakan sudah ideal Apabila sudah bisa memakmurkan dan mensejahterakan bawahanya yang berani melakukan perubahan untuk kepuasan bawahanya atau yang dipimpin, karna seorang pemimpin itu didedikasikan untuk memakmurkan dan menyejahterakan bawahanya, harapan akan pemimpin yang ideal adalah didapatkannya masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, antara bawahan dengan pemimpinnya harus ada komunikasi yang sangat baik dan saling percaya karena sikap idealisme tidak bisa berdiri sendiri. Idealisme juga memerlukan realisme. Idealisme dan sikap realistis saling melengkapi satu sama lain. Saling percaya adalah perihal yang sangat ditekankan dalam hal ini. Seorang pemimpin harus berani bertanggung jawab atas semua janji yang diberikan kepada bawahanya.
Hal ini ditujukan supaya bawahanya bisa menyakini bahwa orang yang memimpinnya adalah orang yang dapat dipercaya, orang yang dapat mensejahterakan dan memakmurkan serta yang dapat berlaku adil terhadap mereka (Bawahanya).
Negara kita Indonesia yang memiliki beragam budaya, beragam bahasa, beragam adat istiadat. memerlukan seorang pemimpin yang berani yang bisa mengatur keanekaragaman tersebut. tidaklah mungkin bila keanekaragaman yang ada di Indonesia ini secara sengaja dijadikan satu agar mudah dalam hal pengaturannya.
Salah satu hal yang harus disadari para pemimpin saat ini adalah pemimpin tidak bisa lepas tangan dari tanggung jawab atas problematika bangsa yang dihadapi saat ini.

Oleh : Darmawan

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca postingan ini, mohon meninggalkan komentar dipostingan ini.