Rabu, 25 Januari 2012

Penampilan Perdana Enggang Melenggang

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita sedikit dengan teman-teman atau saudara sekalian mengenai penampilan perdana Enggang Malenggang. Sebelumnya mari kita flash back sedikit. Enggang Malenggang adalah sanggar tari tradisional Kalimantan Timur yang berdiri pada tahun 2007. Enggang sendiri telah meraih berbagai penghargaan dari event-event yang diikuti. Mulai dari juara 1, 2, dan performance terbaik di suatu pergelaran seni. Meski sempat vakum selama beberapa tahun, kini Enggang Malenggang kembali lahir dengan wajah-wajah yang baru serta semangat yang baru pula.
Nahh.. baru-baru ini Enggang Malenggang melaksanakan penampilan perdananya tepatnya tanggal 25 Desember 2011 yang dilaksanakan di Gedung Etno “ ISI ”. Pertunjukkan tersebut diselenggarakan untuk menyambut tamu yang berkunjung ke ISI Yogyakarta serta menambah pengalaman untuk anak-anak Enggang Malenggang yang baru termasuk saya. Hehe… :D . 3 hari sebelum pergelaran anak-anak dari Enggang Malenggang mulai mempersiapkan semuanya. Dari gerak tari, mental, hingga kostum yang dimentori oleh alumni Enggang Malenggang yaitu Bang Usman. Setiap waktu yang dimiliki oleh anak-anak Enggang Malenggang dimanfaatkan semaksimal mungkin agar bisa menghasilkan hasil yang memuaskan yang bisa dipetik oleh anak-anak Enggang sendiri.
Pada saat pertunjukkan, eeengg iiingg eennggg… banyak dari wajah para penari yang terlihat nervous atau gugup, termasuk saya ( atau mungkin hanya saya yang gugup ) hahaha, karena pertunjukkan tersebut merupakan pertunjukkan tari perdana kami ataupun beberapa orang dari kami. Yang kami bisa lakukan hanya mengeluarkan semua kemampuan kami yang telah kami pelajari dan juga tidak lupa berdoa agar pertunjukkan berjalan lancar dan memuaskan. Pertama saya merasa kalau penampilan kami tidak menarik. Tapi, dengan kepercayaan diri dan semangat dari anak-anak Enggang Malenggang perasaan itu dapat diatasi.
Beberapa menit kemudian, setelah pertunjukkan selesai, kami pun disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para penonton. Dan kami pun lega telah memberikan pertunjukkan tari yang lumayan menghibur para penonton. Walaupun belum sempurna, tapi kami tetap bangga dengan yang telah kami lakukan walaupun masih banyak yang harus diperbaiki. “ Pertunjukkan kalian keren.. ” begitu kata tamu kami dari Singapore ketika saya berfoto dengannya. Beberapa komentar pun tidak luput dari mulut teman-teman kami yang menyaksikan pertunjukkan tersebut. “ Keren banget..sereemmm..aku aja sampai merinding.. ” begitu kata saudara Jume yang kebetulan teman sekaligus dokumentasi Enggang Malenggang. “ Kita telah berjuang. Walaupun penonton kurang puas dengan penampilan kita, tapi penampilan ini telah memberikan pengalaman kepada kalian. Terus berusaha dan giat berlatih. “ kata penari sekaligus pelatih kami.

Oleh : Dhani timo

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca postingan ini, mohon meninggalkan komentar dipostingan ini.