Selasa, 31 Januari 2012

Sosialisasi di asrama mangkaliat

Asrama adalah suatu tempat huni atau biasa disebut rumah yg bersifat tetap dan memiliki karakter2 yg khas dan berhubungan dngn institusi pndididkan, khususnya yg setingkat dngn universitas. Jadi asrama merupakan tempat tinggal atau rumah sementara untuk seorng pelajar yg tidak saling mengenal,sehingga situasi demikian serigkali akan menimbulkan kesulitan bagi penghuninya. Dipihak lain, suatu asrama justru akan dpt menimbulkan persahabatan sejati. 

Nahhhhh individu yg bercampur aduk dan dngn menjelaskan teritorialitas dan perhatian terhadap sesama.......disni dibutuhkannya adanya sosialisasi untuk memecahkan masalah2 yg ada. Jika seseorng yg baru memasuki asrama untuk pertama kalinya biasanya untuk mengenal satu sama lainnya dibutuhkan lah komunikasi pendekatan sebagai teman kalo bisa sa0dara..... 
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri, bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun disekitar lingkungan seperti diasrama. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam sosialisasi, antara lain: Proses Sosialisasi, Media Sosialisasi dan Tujuan Sosialisasi.
Proses>>>>> 
Istilah sosialisasi menunjuk pada semua factor dan proses yang membuat manusia menjadi selaras dalam hidup ditengah-tengah orang lain. Proses sosialisasilah yang membuat seseorang menjadi tahu bagaimana mesti ia bertingkah laku disekitarnya dan lingkungan budayanya. Dari proses tersebut, seseorang akan terwarnai cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya.
Media>>>>>
*Orang tua dan keluarga
* kampus
* Masyarakat atau warga
*Teman bermain atau sahabat

Tujuan>>>>> 
*Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
* Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkankan kemampuannya. 
* Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
* Bertingkah laku secara selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok ada pada asrama sendiri atau kelompok khususnya dan pada masyarakat umum.
Contoh dikit aj bos: Proses sosialisasi juga dipengaruhi oleh kematangan biologis (biological maturation), yang umumnya berkembang seirama dengan usia biologis manusia itu sendiri. Misalnya, bayi yang usianya empat minggu cenderung memerlukan kontak fisik, seperti ciuman, sentuhan, pelukan. Begitu usianya enambelas minggu maka dia mulai bisa membedakan muka orang lain yang dekat dengan dirinya, dan lalu mulai bisa tersenyum. Pada usia tiga bulan, seorang bayi jangan diminta untuk berjalan atau pun berhitung, berpakaian, dan pekerjaan lainnya. Semua itu akan sia-sia, menghabiskan waktu karena secara biologis, bayi tersebut belum cukup matang. Dengan demikian warisan dan kematangan biologis merupakan syarat pertama yang perlu diperhatikan dalam proses sosialisasi.

Disini lah dibutuhkannya fungsional sebagai peran pentingnya dalam bersosialisasi bukan hanya didalam asrama saja kalau bisa bersosialisasi diluar asrama, karna kita butuh peran penting orng luar/masyarakat disekitar. Asrama mangkaliat lah tmpt wadah bersosialisasi karena hidup bersama dalam sering mengarah pada pembentukan persahabatan yg abadi, yaitu dalam menjalankan kegiatan-kegiatan,seperti = maen futsal, yasinan keasrama-asrama lain, pengajian dimasjid,arisan bareng bapak2 di RT.13, nntn bola bareng-bareng diasrama DLL, ini bisa dikata kn sosialisasi. !!!!!!


Soooo.......sekian..

jika ad salah kata mohon maaf guy’s.......


Oleh : Rismanudin

1 komentar:

Catatan darmanto mengatakan...

Bersosiali banyak manfaatnya ya sobat,bisa sering pengetahuan,mempererat persaudaraan dan manfaat lainnya.Kunjungan pagi sobatku...

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca postingan ini, mohon meninggalkan komentar dipostingan ini.