Senin, 02 April 2012

Piket Di Mangkaliat

apa yang di maksud piket??
pengertian Piket dalam kamus bahasa Indonesia adalah (1) kelompok atau regu yg melakukan tugas jaga siang atau malam hari (biasanya dl kesatuan militer, rumah sakit, kantor, dsb), (2) menjalankan tugas piket. Di dalam Organisasi AMKT MANGKALIAT definisi piket jika di sederhanakan adalah membersihkan, merapihkan. Kalau kita perhatikan ada pergeseran makna tentang piket itu sendiri dan sepahaman saya piket di asrama mangkaliat yaitu membersihkan dan merapikan. Piket di asrama mangakaliat dalam hal ini berupa menyapu,mengepel,mencuci barang yang kotor (piring dan gelas),menyediakan air dingin dan panas,membersihkan kamar mandi dan toilet, dan membersihkan halaman dari sampah. Di dalam organisasi AMKT MANGKALIAT sendiri piket di bagi menjadi 2 (dua) yaitu piket harian dan piket mingguan.


PIKET HARIAN
Piket harian adalah piket yang di lakukan setiap hari.adapun piket harian ini di berlakukan secara bergiliran dan terus menerus. Pelaksanaan piket ini sendiri di atur oleh salah satu divisi dari Oganisasi AMKT MANGKALIAT yaitu divisi LINGKUNGAN DAN MASYARAKAT.divisi inilah yang mengatur semua jadwal dari piket itu sendiri dan apa saja yang harus di kerjakan oleh sipiket.ngomong – ngomong soal apa saja yang di lakukan oleh piket harian sebagai berikut:
1. Membersihakan (menyapu) seluruh ruangan asrma mangkaliat (terkecuali kamar tidur)
2. Mengepel seluruh ruangan asrama mangakaliat
3. Menyediakan air dingin dan panas untuk keperluan penghuni asrama
4. Membersihkan halaman asrama mangkaliat,(halaman tengah,halaman depan “taman”,dan garasi
Piket harian sendiri di berlakukan dari jam 00.00 sampai jam 23.30 WIB. Kalau bicara soal piket pasti berhubungan dengan namanya peraturan,dan peraturan pasti juga berhubungan dengan nama nya sanksi,jadi sanksi bagi yang tidak melakukan piket adalah si piket harus melakukan tugas nya 2 hari berturut-turut. Jadi,gambaran sederhana nya seperti ini,ketika si piket mendapatkan bahwa hari ini dia piket ,tapi tidak melaksanakan dia di wajibkan hanya menyediakan air dingin dan panas serta mencuci barang-barang kotor yang ada di dapur,,keesokkan hari nya dia harus membersihakannya secara keseluruhan,seperti yang terdapat pada poin satu dan seterusnya.
PIKET MINGGUAN
Piket mingguan adalah piket yang di lakukan selama seminggu. Piket mingguan ini tidak jauh berbeda dengan piket harian hanya saja dalam pelaksanaan dan apa saja yang harus di kerjakan yang berbeda dan pelaksanaan nya sendiri sama dengan piket harian secara bergiliran juga. Adapun cara pelaksanaan piket mingguan ini dilakukan selama 2 kali dalam seminggu yaitu hari minggu dan hari rabu selebihnya di lakukan system control secara terus menerus oleh sipiket agar kamar mandi dan toilet selau terjaga kebersihannya. Apa saja yang di lakukan piket mingguan sebagai berikut :
1. Membersihkan kamar mandi 
2. Membersihkan toilet
Piket mingguan sendiri tidak di batasi waktu kapan harus memulai piket, hanya saja sipiket di perbolehkan melakukannya apakah di pagi hari,siang hari,sore hari ataupun malam hari yang tidak mengganggu aktifitas teman-teman dalam menggunakan kamar mandai dan toilet,hanya saja jadwal yang di berlakukan untuk piket yaitu hari minggu dan hari rabu. Seperti hal nya dengan piket harian,piket mingguan juga di berlakukan sanksi,dan sanksi yang diberikan sama dengan seperti piket harian yang telah saya jelaskan di atas. Pemberlakuan sanksi ini sebenarnya bukan untuk menguhukum sipiket tetapi lebih untuk meningkatkan akan kesadaran dalam hidup berasrama, Karena semua yang tinggal di asrama mangkaliat bukan hanya kita sendiri tetapi banyak orang, maka diberlakukan nama nya aturan dan aturan itu sendiri selalu mengikat kepada pengurus,anggota dan tamu asrama mangkaliat dalam hal ini berupa piket.

Di asrama mangkaliat sendiri untuk urusan piket memiket semuanya sudah di buatkan aturan secara tertulis (termasuk peraturan-peraturan asrama mangkaliat) dan dibuatkan pigura dan digantung di tempat-tempat yang di anggap strategis agar selalu mengingatkan kita apa saja yang harus kita laksanakan ketika melakukan piket. Adapun istilah yang popular di asrama mangakaliat “kalau bukan kita yang melakukannya siapa lagi yang kita harapkan” agar memicu kesadaran setiap penghuni asrama betapa pentingnya yang nama kebersihan,agar semua penghuni asrama mangakaliat merasa nyaman dan sehat, dan betah tinggal di asrama mangkaliat. So,mari jaga kebersihan dan kenyaman di AMKT MANGKALIAT

Oleh : Ari Prianggono

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca postingan ini, mohon meninggalkan komentar dipostingan ini.