Kamis, 12 Desember 2013

Kesan Jumpa Pertama di Mangkaliat

Namaku Muhammad Fadel Rivai biasa dipanggil Fadel, asal dari tarakan. Aku ingin menceritakan kesanku di Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur “Mangkaliat”. Pada saat aku memutuskan untuk berkuliah di Yogyakarta, mamaku menyarankan agar aku tinggal di asrama, untuk belajar berorganisasi dan sebagainya. Pamanku pun menyarankan agar aku tinggal diasrama Mangkaliat dan kebetulan teman sekolahku yaitu Iqbal ternyata juga memutuskan untuk tinggal di Mangkaliat. Iqbal lebih dulu berangkat ke Jogja kemudian setelah beberapa hari baru aku menyusul kesana, tetapi aku yang lebih dulu tinggal diasrama. Aku dan mamaku berangkat ke Jogja dari Tarakan pada tanggal 28 Mei 2013 pukul 07.00 WITA dan sampai di Jogja tepatnya bandara Adisucipto pada pukul 12.15 WIB. Kemudian kami mencari rumah makan diantar oleh teman ayahku yang bekerja di Jogja setelah itu ke Mangkaliat, pada awalnya kami kebingungan untuk mencari alamat Mangkaliat, jadi kami pergi ke Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur “Kresik Luwai” untuk menanyakan alamat asrama Mangkaliat. Kami pun ditemani salah satu senior asrama Kresik ke asrama Mangkaliat. Orang yang pertama kali menyambutku dan mamaku diasrama Mangkaliat adalah bang Iwan, dan pada saat itu kami ditempatkan dikamar 1. Pada awalnya aku lebih suka dikamar terus karena masih canggung dengan suasana asrama mangkaliat. Malah mamaku yang lebih aktif bersosialisasi tidak hanya dengan anak asrama tetapi dengan warga sekitar asrama, baru aja kenalan tapi mamaku sudah ngajak salah satu warga untuk menemani mamaku ke pasar bringhardjo. Saat aku baru pertama di Mangkaliat, aku pikir Cuma aku aja yang anak baru, ternyata sudah ada tiga anak baru yang menempati asrama Mangkaliat. dua diantara mereka aku pikir adalah senior karena muka mereka yang tua-tua. Dan diantara semua penghuni Mangkaliat, bang dhani lah yang membuatku bingung. Kok bisa ada orang papua di asrama kaltim itulah yang ada dibenakku, tapi setelah mengenal bang Dhani, ternyata orangnya asyik, seru dan gokillah pokoknya. Ada banyak pengalaman seru yang aku dapatkan di Mangkaliat dan belum tentu aku dapatkan ditempat lain. Seperti bersama abang-abang dan sesama anak baru pergi ke pantai Pok Tunggal, Water World Pandawa yang ada di Solo, mengikuti acara-acara yang diadakan oleh asrama Mangkaliat dan Mesjid Jami Al-Jihad, nongkrong bareng dengan para penghuni asrama Mangkaliat, bertemu dengan Mahasiswa-mahasiswa lain yang juga tinggal diasrama, serta ikut menjadi panitia acara yang diadakan oleh tiga asrama yaitu asrama Mangkaliat, asrama Lampung dan riau. Semoga asrama Mangkaliat dapat terus melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dan kreatif yang dapat memberi banyak ilmu bagi para penghuninya. 

Penulis : M. Fadel Rivai

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap pok

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca postingan ini, mohon meninggalkan komentar dipostingan ini.