Senin, 09 April 2012

AKTIF BERORGANISASI..?? PENTING NGAK SIH..??

Organisasi memiliki definisi kesatuan dari berbagai orang yang bekerja untuk satu tujuan. Dari mulai brainstorming ide, rapat, nyusun anggaran, eksekusi kegiatan, sampai evaluasi, semua dipikirkan dan dikerjakan bersama – sama. Setiap anggota bagai roda mesin yang saling menggerakkan. Kalau salah satu macet,hasil akhirnya bisa tidak sesuai tujuan awal. Pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri di dunia ini. Mau ngak mau kita harus berinteraksi dengan orang lain di karenakan manusia itu adalah makhluk social. Salah satu cara berhubungan dengan orang lain adalah melalui organisasi.

Dalam Zaman Globalisasi ini, seseorang sekarang di tuntut untuk mempunyai keahlian – keahlian dalam berkomunikasi, bekerja sama, percaya diri, bertanggung jawab, dan lain – lain. Berorganisasi membuat kita sadar akan pentingnya sikap – sikap mental yang positif, dengan segala tanggung jawab di organisasi, kita dilatih untuk disiplin, jujur, berpikir kritis, dan mampu memanage waktu, kita juga akan semakin terlatih untuk berani membuat suatu keputusan. Sikap – sikap ini akan sangat kita perlukan nanti di dunia kerja, dan mungkin bisa membuat karir kita naik lebih cepat.
Menurut hasil survey dari berbagai lembaga, IPK mendapat peringkat no.17 dari 20 kriteria kualitas seorang mahasiswa. Bukan berarti kita mengenyampingkan IPK, akan jauh lebih baik lagi jika kita aktif dalam berorganisasi dan IPK kita juga bagus. Jika kita lulus nanti (Amien) dan ikut wawancara / interview pekerjaan, hal – hal yang paling sering di tanyakan adalah “Apakah pengalaman berorganisasi anda?”, “Aktifkah anda dalam organisasi anda?”,”Kemampuan apa yang ada dalam diri anda yang dapat anda banggakan?” jarang sekali di tanyakan “Berapakah IPK anda?”.
Aktif di organisasi mengajarkan kita untuk bertindak sesuai prosedur dalam manjemen organisasi. Menurut Hermawan Abdillah manajemen organisasi itu terdiri dari 4 bagian. Pertama, Planning yaitu titik awal, mendasar, penting, dan menentukan arah “Rencana yang gagal sama saja dengan merencanakan kegagalan”. Kedua,Organizing disinilah kita dilatih tentang management profile, management time, management system yang nantinya bermanfaat bagi kita. Ketiga, Actuating yang terdiri dari internalis, aktualisasi, dan eksistensi. Keempat, Controling meliputi input > proses > output.
Orang yang aktif dalam organisasi akan menyibukan dirinya, sehingga secara alami kita akan terbiasa untuk memanajemen waktu karena orang sibuklah yang pandai dalam memanajemen waktu. Ada sebuah kata bijak mengatakan “Berilah amanah kepada orang yang sibuk”. Jadi ngak ada ruginya kita berorganisasi malahan kita akan lebih bisa menghargai waktu dan juga tidak akan banyak waktu yang terbuang sia – sia selalu terisi dengan kegiatan – kegiatan yang manfaat. Orang yang berorganisasi juga akan senantiasa terhubung dengan orang – orang baru dan akan dikenal. Di jaman ini jaringan merupakan hal yang mutlak di butuhkan seseorang seperti yangg saya katakan di atas tadi manusia adalah makhluk sosial.Jadi ngak ada alasan kan untuk ngak berorganisasi. Menurut hemat saya aktif dalam berorganisasi itu ngak penting tapi, PENTING BANGETT.

By : Iwan Setiawan “MANGKALIAT”

2 komentar:

Mangkaliat mengatakan...

suatu tulisan yg mewarnai suatu semangat organisasi.

Paguyuban perantau purbalingga mengatakan...

mohon ijin share ya bos...

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca postingan ini, mohon meninggalkan komentar dipostingan ini.